Posted on December 25th, 2010 at 1:25 AM by dita_arina

BAB 1
PENDAHULUAN
Daging kelinci banyak mengandung glikogen dan kadar lemaknya rendah.Warnanya juga putih sama seperti daging ayam,sehingga banyak orang yang tidak bisa membedakan mana yang daging kelinci dan mana yang ayam.Selain itu,jumlah produksi daging kelinci lebih sedikit daripada daging lainnya.Hal inilah yang membuat orang tidak mengenal daging kelinci.Sehingga daging kelinci kurang populer dibandingkan dengan daging sapi ataupun daging ayam.
Masyarakat perlu mengenal daging kelinci.Mengenalkan daging kelinci ini bisa dengan berbagai cara.Seperti dengan mengadakan seminar tentang manfaat daging kelinci.Atau bisa juga dengan membuat daging ini menjadi berbagai macam olahan makanan.Seperti sosis,dendeng,sate kelinci dan lain-lain.
Tujuan mengenalkan daging kelinci kepada masyarakat adalah agar ternak kelinci lebih dikenal serta mengangkat para peternak kelinci yang selama ini omzetnya tidak sebanyak peternak sapi ataupun peternak ayam.
Manfaat dari mengenal daging kelinci adalah untuk mengenalkan seperti apa bentuk dari daging ini dan manfaat mengkonsumsinya.Serta membantu para peternak kelinci agar omzet mereka naik.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Daging kelinci dapat menjadi makanan alternatif yang mudah diperoleh.Daging ini mampu menurunkan koresterol dan penyakit jantung.Karena kandungan koresterol dan natriumnya sangat rendah.Sayangnya daging kelinci belum populer.Padahal mutu gizinya lebih bagus dibanding daging lainnya( Yono C Raharjo;2008).
Rendahnya kandungan koresterol dan natrium membuat daging kelinci sangat dianjurkan sebagai makanan untuk pasien penyakit jantung,usia lanjut dan mereka yang bermasalah dengan berat badan.Keuntungan lainnya,tulang pada kelinci lebih tipis,dagingnya lebih halus dan seratnya pendek sehingga mudah dikunyah(Kustmadji;2009).
Ketetapan Fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang memakan daging kelinci.Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia dalam sidangnya di Jakarta pada tanggal 17 Jumadil Awal tahun 1403 H,bertepatan dengan tanggal 12 Maret 1983 Menetapkan bahwa memakan daging kelinci hukumnya halal(Majelis Ulama Indonesia;1983).
Daging kelinci berbeda dengan ternak ruminansia.Daging kelinci berserat halus dengan warna sedikit pucat dapat digolongkan sebagai daging berwarna putih seperti ayam.Daging putih kadar lemaknya rendah dan glikogen tinggi(Anonim;2002).

BAB III
PEMBAHASAN
Daging ayam,daging sapi dan yang lainnya sudah banyak di pasaran.Tetapi sayangnya daging-daging tersebut banyak mengandung lemak.Sehingga daging-daging tersebut selalu dihindari oleh penderita penyakit jantung,diabetes,dan orang yang sudah lanjut usia.Orang-orang tersebut dianjurkan untuk hanya memakan sayur (Vegetarian).Tentunya hal ini sulit dilakukan oleh orang yang terbiasa dengan daging.Selain itu,mengkonsumsi sayur terus menerus juga tidak terlalu baik.Karena ada beberapa unsur yang tidak terdapat di dalam sayur,tetapi ada di dalam daging.
Lalu apa solusinya?Solusinya adalah daging kelinci.Kenapa harus daging kelinci?Karena daging kelinci sedikit mengandung lemak dan amilum.Sehingga aman dimakan untuk penderita diabetes,jantung,maupun orang berusia lanjut.Tetapi sayangnya keberadaan daging kelinci ini masih dikatakan sangat langka.Ya,karena daging kelinci hanya ada di beberapa daerah tertentu saja.Seperti misalnya di Indonesia,tepatnya di propinsi Jawa Tengah.Kita bisa menjumpai daging kelinci di daerah Bandungan,kabupaten Semarang.
Sedangkan untuk jangkauan dunia,daging kelinci juga mengalami nasib yang sama.Contohnya saja di Asia.Negara-negara yang berani mengembangkan serta memproduksi daging kelinci hanya Jepang,Cina dan Korea Selatan.Jenis kelinci yang dikembangkan di ketiga negara itu adalah jenis anggora.Bukan jenis pedaging biasa.Karena orang-orang dari ketiga negara tersebut tidak hanya mengambil dagingnya saja.Tetapi wol-nya(kulitnya) untuk bahan membuat pakaian.
Mengapa bisa terjadi demikian?Hal ini disebabkan oleh kurangnya keberadaan para peternak kelinci.Selain itu,banyak orang yang belum berani mengembangkan kelinci karena mereka merasa beternak kelinci itu susah,perlu perhatian khusus.Padahal kalau dilihat dari kenyataannya,mengembangkan kelinci itu lebih gampang daripada ayam.Terutama dilihat dari segi pakan.Untuk beternak ayam,kita harus membeli pakannya antara satu karung hingga tiga karung.Sedangkan untuk kelinci,pakannya bisa berupa rumput segar yang diambil dari kebun.Hanya sesekali saja diberikan pakan tambahan berupa pelet.
Meskipun mengembangkan kelinci itu mudah,tetap saja keberadaan daging kelinci ini sangat jarang.Padahal Majelis Ulama Indonesia pada tahun 1983 telah menyatakan bahwa daging kelinci halal untuk dikonsumsi.Tetapi tetap saja daging kelinci langka.Anehnya daging yang benar-benar dinyatakan haram oleh Majelis Ulama Indonesia justru malah beredar banyak di pasaran.Contohnya daging biawak,ular dan lain sebagainya.
Lalu bagaimana cara agar daging kelinci ini tidak langka lagi keberadaannya?Pertama,dengan mengadakan seminar tentang manfaat mengkonsumsi daging kelinci.Kedua,bisa dengan cara mengemas daging kelinci tidak hanya dalam bentuk karkas.Tetapi dalam bentuk lain.Misalnya dalam bentuk sosis,kornet,atau mungkin menjadi olahan masakan yang siap disantap.Jika orang sudah mengenal daging kelinci,maka secara otomatis permintaan daging kelinci melonjak.Selain itu,keberadaannya tidak hanya bisa ditemui di tempat tertentu saja.Tetapi di semua tempat ada yang namanya daging kelinci.
Bagaimana dengan harga daging kelinci?Sebenarnya harga daging kelinci tidak semahal harga daging sapi.Contohnya adalah daging kelinci yang sudah diolah menjadi sate.Harga per porsinya hanya Rp.15.000 per porsi.Sedangkan harga sate sapi atau kambing harganya bisa mencapai Rp.20000 per porsi bahkan lebih.

BAB IV
KESIMPULAN
Kesimpulannya adalah daging kelinci bisa menjadi pengganti daging yang lain.Karena selain harganya murah,kandungan lemak dan amilumnya rendah.Meskipun keberadaan daging ini langka,tapi daging kelinci ini tetap layak untuk dijadikan pengganti daging ayam,daging sapi,maupun daging lainnya.Untuk mengenalkan daging kelinci ini bisa digunakan berbagai cara.Salah satunya adalah membuat daging kelinci menjadi berbagai macam olahan masakan.

DAFTAR PUSTAKA
Lebas.F,dkk.1986.The Rabbit.FAO,Italy
www.bataviase.co.id
www.detik.com
www.kompas.com
www.halalguide.info

Posted on December 25th, 2010 at 1:22 AM by dita_arina

By: Chiho Yuki
Bulu diseluruh badannya berwarna hitam.Bahkan tulang dan darahnya pun berwarna hitam.Itulah ciri-ciri ayam cemani.Ayam yang berkesan magis ini sering dicari-cari oleh orang.Bukan hanya karena dianggap bisa menolak bala tapi juga sebagai ayam hias.Ayam hias?Ya,di jaman yang serba modern ini ayam cemani lebih dikaitkan sebagai ayam hias.Berbeda dengan jaman dulu yang selalu dianggap sebagai penolak bala.Meskipun sampai sekarang masih ada juga orang yang mengaitkan ayam cemani dengan hal-hal yang berbau magis.
Apakah benar ayam cemani mengandung unsur magis?Sebenarnya pada dasarnya,ayam cemani sama halnya dengan ayam kampung.Hanya yang membedakan kedua jenis ini adalah warna bulunya.Ayam kampung banyak yang berwarna hitam,tapi juga memiliki warna lain (Misalnya:merah).Sedangkan pada ayam cemani,tidak ada sama sekali variasi warna lain.Karena warna bulunya yang hitam itulah orang sering mengaitkannya dengan hal-hal yang magis.Sama seperti kucing hitam atau burung gagak.
Ayam Cemani atau dikenal sebagai Ayam Kedu pada awalnya diperkenalkan oleh seorang lurah dari desa Kalikuto,Grabak,di Magelang.Hewan ini diikutkan dalam pekan raya di Semarang tahun 1926.Pada saat itu,Kalikuto masuk ke dalam karasidenan Kedu.Karena keunikan hewan ini,panitia penyelenggara menamai ayam ini sebagai Ayam Kalikuto.Namun Tjokromiharjo,pemilik ayam ini menolak nama tersebut.Beliau kemudian menyarankan untuk dinamai Ayam Kedu.Karena ayam ini memang berasal dari karasidenan tersebut.
Konon awalnya ayam ini berasal dari persilangan antara Ayam Inggris dengan Ayam Kampung.Diduga ini diakibatkan karena Ayam Inggris yang dibawa oleh orang Inggris sendiri pada masa Raffles dipelihara di daerah Dieng dengan cara umbaran.Mungkin karena inilah Ayam Inggris tersebut bercampur baur dengan Ayam Kampung yang ada disana.Sehingga menghasilkan ayam yang berwarna hitam legam alias Ayam Cemani.Sedangkan Ayam Cemani milik Tjokromiharjo berasal dari Ayam Kampung dengan Ayam Australorp.Jadi sebenarnya Ayam Kedu bukanlah asli dari daerah Kedu.
Populasi binatang ini ketika awal tahun 1984 berjumlah 5000 ekor sedangkan di awal tahun meningkat hingga 8500 ekor.Tetapi pada tahun 1997 jumlahnya menurun menjadi 2000 ekor.Sehingga bisa dikatakan ayam ini termasuk langka.Hal ini diakibatkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat untuk menangani wabah penyakit yang menjangkit Ayam Cemani.Jumlah Ayam Cemani yang semakin sedikit itu akhirnya mengundang perhatian sejumlah masyarakat.Beberapa orang mencoba membuat peternakan Ayam Cemani demi mempertahankan keberadaan hewan ini.Bahkan sampai dibentuk kelompok peternak Ayam Cemani bernama Makukuhan.
Tetapi kelangkaan hewan ini justru menjadi keuntungan tersendiri baik bagi pedagang maupun bagi peternak.Harga Ayam Cemani bisa dikatakan sangat mahal.Satu ekor ayam dewasa harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.Itu juga tergantung kualitas dari ayam itu sendiri.Semakin sering mengikuti kontes,maka harga ayam ini bisa melambung tinggi.Meskipun harganya tidak masuk akal,para kolektor tetap membeli ayam yang satu ini.Karena bagi mereka ayam ini merupakan kebanggaan tersendiri bila bisa membelinya.Primadona ayam ini tidak hanya memikat hati para kolektor Indonesia.Tetapi kolektor dari negara lain pun juga terpikat dengan keunikan ayam ini.
Selain kolektor,pembeli Ayam Cemani adalah paranormal ataupun orang biasa yang membutuhkannya untuk keperluan tertentu.Misalnya untuk selamatan pembangunan gedung baru.Dengan melihat keadaan yang seperti ini,bisnis penjualan maupun peternakan Ayam Cemani lebih menjanjikan ketimbang Ayam Broiler atau Leghorn.Sehingga ada beberapa orang yang alih profesi menjadi peternak Ayam Cemani.
Beternak Ayam Cemani pada dasarnya tidak sesulit yang dibayangkan.Karena caranya sama dengan beternak Ayam Kampung biasa.Hanya saja membutuhkan modal yang cukup besar.Bila tertarik,anda bisa memulainya dengan membeli DOC (Day Old Chicken) Cemani dulu.Tidak disarankan membeli yang sudah dewasa,karena harganya yang sangat mahal.Harga DOC Cemani berkisar 20.000.Atau mungkin anda bisa membeli anakan Ayam Cemani usia dua bulan seharga 50.000 per ekor.Jika anda adalah peternak pemula,mulailah dengan membeli 5 atau 10 ekor DOC dari peternak Ayam Cemani.
Selain itu,lihat juga lingkungan yang akan kita pakai untuk beternak.Apakah di lingkungan itu orang-orang menolak adanya hewan ternak atau tidak.Bila perlu,anda bisa meminta izin dari RT atau RW setempat.Supaya tidak terjadi keributan di waktu yang akan datang seperti warga yang protes karena bau kotoran yang berasal dari peternakan anda.Setelah melihat lingkungan,kita mulai memilih sistem perkandangan yang akan dipakai.Apakah sistem kandang baterei,kandang terbatas,atau mungkin umbaran.Tetapi ketiga model tadi hanya cocok untuk ayam yang sudah dewasa.Untuk DOC Cemani lebih baik ditempatkan di box yang diberi lampu.Untuk menjaga agar suhu DOC Cemani tetap hangat.Karena jika suhunya kelewat dingin,maka resiko kematian DOC lebih tinggi.Bila ayam sudah mencapai usia dua bulan,barulah dipindah ke kandang.Baik itu kandang terbatas,baterei,maupun umbaran.
Untuk pakannya,Ayam Cemani biasa diberi konstentrat starter.Pakan ini diberikan ketika ayam berusia muda.Setelah ayam tumbuh menjadi dewasa,pakannya mulai dicampur dengan bekatul,nasi aking,atau campuran makanan lainnya.Hal ini digunakan untuk menghemat biaya pakan.Pakan yang dicampur juga tidak mengurangi kualitas Ayam Cemani.
Ketika ayam mulai memasuki masa kawin,anda bisa menambahkan konsentrat petelur atau jagung giling.Agar kualitas telur yang dihasilkan bagus.Pada saat ini juga anda harus menentukan apakah telur yang dihasilkan nantinya akan ditetaskan secara alami atau menggunakan mesin.Jika anda adalah pemula,maka sebaiknya tidak menetaskan telur dengan mesin.Karena harga mesin tetas mahal.Kecuali jika anda bisa membuatnya sendiri atau anda punya relasi sesama peternak yang bisa membantu anda menetaskan telur.
Jadi,pada dasarnya bisnis Ayam Cemani merupakan prospek yang bagus.Karena dilihat dari segi perawatannya,ayam ini tidak sulit untuk diternakkan.Apa lagi dengan adanya paranormal dan kolektor yang berani membeli Ayam Cemani dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta.
Daftar Pustaka
-www.berita.liputan6.com/Berburu Ayam Cemani di Temanggung/
-www.wanayasa.co.cc/Ayam Cemani Hitam Legam Yang Eksotis/
-www.geleriukm.web.id/Peluang Usaha Budidaya Ayam Cemani/

Posted on October 19th, 2010 at 2:40 PM by dita_arina

Sekarang kita mulai neh posting di blog yang udah kita buat.
Caranya….
1. Log in dulu di blog-student undip
2. Masuk ke dashboard dengan cara pilih my blogs –> nama blogmu–> dashboard.
maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
3. pilih posts –> add new untuk membuat post baru
langkah selanjutnya tinggal menulis artikel yang ingin kita post. setelah selesai pilih publish untuk mempublikasikan posting kalian.
Oke prend.Selamat Ngebloging ria.Yuuuk…..!!!

Posted on October 19th, 2010 at 2:26 PM by dita_arina

Gene neh,prend cara daftar email student UNDIP
Pertama,kalian masuk ke webnya UNDIP(www.undip.ac.id)
Terus,klik aja link bagian paling bawah yang tulisannya email student.
Abis itu,klik sign up.Trus isi formnya(Inget!liat petunjuknya pada saat mengisi).
Udah deh….Praktis kan?

Posted on October 19th, 2010 at 2:14 PM by dita_arina

Hei,Prend…
Kali ne ku mau berbagi about gimana cara bikin blog di undip
1.Isi formulir yang ada.Ini formulirnya:

FORMULIR PENDAFTARAN WEBLOG

UNIVERSITAS DIPONEGORO


Nama Domain Blog : .blog.undip.ac.id
Nama Lengkap :
Nomor Induk : (bisa NIM / NIP)
Kategori : (mahasiswa/karyawan/alumni)
Lokasi / Unit Kerja : (bagian/fakultas/jurusan)
No. Telp : (nomor yang dapat dihubungi)
Email : (wajib email dari UNDIP)
Alamat :
Tujuan : (pribadi atau yang lainnya)


2.Syarat pembuatan blog adalah harus memiliki akum email student UNDIP (Setelah postingan ini akan diberikan caranya).
3.Setelah itu,kirimkan formulirnya ke blog@undip.ac.id
4.Tunggu tiga hari dan kalian akan mendapatkan email balasan berupa password dan username.
Nah,gampang tho…makanya cepetan bikin.Mosok mahasiswa UNDIP ndak punya blog studentnya UNDIP.

October 19

Welcome To My Site
Posted on October 19th, 2010 at 2:08 PM by dita_arina

Selamat Datang,prend.Ini blog ku yang terbaru setelah www.penulisgia.co.cc.Di blog kali ne ku sengaja keluar jalur dari dunia yang selama ini kugeluti(Baca:Penulis fiksi).Sesuai dengan namanya blog ne bakalan berisi seputar peternakan.Entah itu cara beternak atopun materi kuliah bahkan ampe laporan praktikum.

Well,basa-basinya gak usah terlalu lebar.silakan kalian liat-liat di blog ne.Mudah-mudahan kalian dapet apa yang kalian cari
Salam,Laos,Kunir(Lho??Ini mah bumbu dapur)Hehe…sori.Maksudku…
Salam
Dita Arina

October 19

Hello world!
Posted on October 19th, 2010 at 1:51 PM by dita_arina

Welcome to Diponegoro Student Blogs. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Improve the web with Nofollow Reciprocity.